Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ribuan Formasi Belum Terisi, Ini Jadwal Seleksi PPPK Tahap 3, Honorer Siap-Siap Saja

 Badan Kepegawaian Daerah Sulawesi Selatan sudah menuntaskan seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) tahap 1 dan 2. 

Totalnya terdapat 3.432 tenaga honorer yang lolos PPPK. Sementara yang tidak lolos terdapat ribuan honorer di Sulsel.  Dalam dekat ini BKD Sulsel bakal melakukan seleksi P3K tahap 3 bagi tenaga honorer. 

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sulsel Imran Jauzi mengatakan dalam dekat ini akan membuka seleksi tahap ketiga untuk tenaga honorer. "Tes PPPK tahap 3 akan dilaksanakan sekitar bulan April," ujar Imran kepada JPNN.com, Rabu (23/2). 

Pada tahap 3, BKD Sulsel akan menyelesaikan sisa kuota yang kurang sesuai dengan formasi yang ditetapkan pemerintah pusat.  "Formasi keseluruhan ada 6.842, cuma sampai tahap 2 yang lulus 3.432. Jadi saya kira sisa formasi yang ada mungkin sulit terisi semua," tambahnya. Sebelumnya, Imran menegaskan untuk tenaga honorer yang belum lolos PPPK masih memiliki kesempatan ikut ujian tahap ketiga. 

Baca juga : PPPK Guru Banjir Tunjangan, Jumlahnya Jutaan Rupiah, Ini Perinciannya

Kesempatan masih terbuka lebar bagi mereka. "Para tenaga honorer yang belum lolos masih memiliki kesempatan tahap selanjutnya. Jadi masih aman untuk mereka mengikuti tes tersebut," tambah dia. Selain itu, Pemprov Sulsel menegaskan tidak akan melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) terhadap guru honorer yang belum berubah status menjadi P3K. 

"Tidak akan PHK. Kalau tidak lolos mereka tetap mengajar. Sepanjang masih memiliki keahlian yang dibutuhkan sekolah. Pembayaran mereka masih ada melalui dana BOS atau APBD," tegasnya.

Baca juga : 2.000 Lebih ASN Daerah Ini Terima SK PPPK, Gaji Aman, Alhamdulillah

Penjelasan Kepala BKN soal Masa Kerja dalam Penetapan NIP PPPK, Guru Honorer Harus Paham


 Badan Kepegawaian Negara merevisi persyaratan pengusulan penetapan NIP PPPK 2021. Revisi tersebut dikeluarkan BKN pada 14 Februari 2022. Pelaksana tugas (Plt) Kepala BKN Bima Haria Wibisana mengungkapkan inti dari revisi surat tersebut adalah agar para pejabat pembina kepegawaian (PPK) bertanggung jawab atas data-data calon pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (P3K) yang disodorkan ke BKN.

PPK harus memastikan data-data calon PPPK benar-benar valid. "Setiap P3K wajib membuat SPTJM atau surat pernyataan tanggung jawab mutlak. SPTJM ini menyangkut masa kerja calon PPPK," ucap Bima Haria Wibisana, Rabu (23/2). 

Dia menyebutkan, setiap pelamar yang melamar pada jabatan fungsional dalam pengadaan P3K baik guru maupun nonguru wajib memiliki pengalaman minimal 3  tahun di bidang kerja yang relevan dengan jabatan fungsional yang dilamar untuk jenjang pemula, terampil, dan ahli pertama.

Baca juga : BKN Naikkan Golongan Kepangkatan CPNS & PPPK Nakes, Guru Bagaimana?

Sementara, bidang kerja yang relevan dengan jabatan fungsional yang dilamar untuk jenjang mahir, penyelia, ahli muda, dan ahli madya pemula, terampil, dan ahli pertama, paling sedikit masa kerjanya 5 tahun. Bima Haria menegaskan, ketentuan tersebut berlaku untuk semua jabatan PPPK, baik jabatan fungsional nonguru maupun guru.

"Sebetulnya aturan itu untuk semua jabatan PPPK. Apakah itu guru dan nonguru," ujarnya.

Menurut Bima, aneh bila guru honorer protes dengan ketentuan masa kerja.

 Kalau memang benar-benar mengabdi semestinya mereka sudah lebih dari 3 tahun menjadi guru honorer atau GTT (guru tidak tetap). 

Namun, itu perlu dicek ulang oleh PPK-nya. "Kalau datanya valid, bekerja sebagai guru dengan masa kerja minimal 3 tahun, mengapa harus takut?" ujar Bima mempertanyakan. Sebelumnya, sejumlah pengurus forum honorer memberikan tanggapan beragam soal revisi syarat usulan penetapan NIP P3K. 

Baca juga : PPPK Guru Banjir Tunjangan, Jumlahnya Jutaan Rupiah, Ini Perinciannya

Ada yang senang, tetapi banyak juga waswas. Kekhawatiran mereka karena tidak sedikit yang lulus belum pernah mengajar, bahkan masa pengabdiannya terputus. Sementara, guru honorer yang senang terutama karena punya masa pengabdian panjang. Mereka mendukung revisi tersebut untuk menghalau masuknya guru bodong.

Demikian yang dapat mimin bagikan terkait Informasi Ribuan Formasi Belum Terisi, Ini Jadwal Seleksi PPPK Tahap 3, Honorer Siap-Siap Saja, semoga bermanfaat dan kami melansir informasi ini dari jpn.com informasi lainya bisa simak vidio di bawah ini;



Nadin
Nadin saya hanya seorang anak desa yang ingin sukses

Post a Comment for "Ribuan Formasi Belum Terisi, Ini Jadwal Seleksi PPPK Tahap 3, Honorer Siap-Siap Saja"